Rabu, 08 September 2010

Tradisi Mudik Lebaran

Beberapa hari terakhir ini kita semua disibukkan oleh persiapan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Banyak persiapan yang diperlukan untuk menyongsong hari nan Fitri ini. Kita bisa melihat di pusat perbelanjaan penuh sesak oleh pengunjung yang berbelanja kebutuhan Lebaran. Apalagi semua pusat perbelanjaan memberikan diskon yang cukup lumayan untuk menarik pengunjung membelanjakan uang THR-nya. Karena bagi pengusaha pusat perbelanjaan momentum Hari Raya adalah momentum untuk mendapatkan pendapatan bisnisnya. Setelah semua kebutuhan Hari Raya sudah dibeli maka yang biasanya dilakukan adalah mudik ke kampung halaman. Tradisi mudik ini di Indonesia sudah berjalan mulai lama. Tujuan mudik sebenarnya adalah untuk silaturahmi dengan orang tua atau keluarga di kampung yang telah berpisah satu tahun atau lebih. Jadi momen Hari Raya adalah sangat tepat untuk dimanfaatkan sebagai waktu untuk mempererat tali silaturahmi. Stasiun kereta api, terminal bus sampai bandara akan penuh sesak oleh penumpang dengan berbagai tujuan mudiknya. Jadi momen Lebaran ini juga bisa dimanfaatkan oleh pengusaha transportasi untuk menghasilkan keuntungan yang semaksimal mungkin. Lihat saja pada saat peak session seperti ini pasti harga tiket bus , kereta dan pesawat sangat mahal dibandingkan dengan hari biasa. Ada juga yang dengan minimal bisa mudik yaitu dengan menggunakan transportasi motor dan mobil pribadi. Bagi pengguna kendaraan pribadi baik itu motor maupun mobil pribadi harus benar-benar mempersiapkan kendaraannya sebaik mungkin agar nanti pada saat digunakan untuk mudik tidak mengalami masalah di perjalanan. Berikut tips untuk mempersiapkan kendaraan anda supaya mantap dipakai mudik :
  1. Seharusnya beberapa hari sebelum mudik sudah mulai di servis dan ganti oli untuk mobil dan motor anda. Kalau H-3 service station kendaran sudah penuh antrian dan jika anda tidak booking sebelum nya pasti ditolak.
  2. Periksa semua perlengkapan kendaraan sebelum berangkat misalnya lampu, ban, AC, dll. Kalau ada keluhan pada saat servis sudah bisa diperbaiki.
  3. Persiapkan kondisi fisik anda yang akan mengemudi, olah raga dan istirahat yang cukup sehingga pada saat mengemudi kondisi fisik anda tetap fit.
  4. Persiapkan minuman dan makan untuk bekal selama perjalanan. Karena kalau kita beli di tengah jalan akan kesulitan mencarinya dan pasti harganya lebih mahal daripada kalau kita beli di supermarket.
  5. Hari H-2 sudah dipersiapkan semua barang yang akan dibawa dan dicek sekali lagi supaya tidak ada barang yang tertinggal. Kalau waktunya anda persiapan barang pas pada Hari H maka anda tidak akan memiliki waktu yang cukup untuk istirahat dan pada saat di perjalanan anda akan merasa kelelahan lebih dulu, apalagi bagi anda yang mengemudi.
  6. Kalau merasa lelah atau mengantuk di tengah perjalanan maka anda harus berhenti untuk istirahat jangan dipaksakan untuk mengemudi karena bisa berbahaya. Cari tempat istirahat yang aman misalnya di POM bensin yang ada fasilitas parkir yang luas dan posko-posko mudik Lebaran ynag biasanya banyak tersebar di jalur mudik.
  7. Setelah kondisi fisik sudah segar lagi maka anda bisa melanjutkan perjalanan lagi.
Selamat mudik Lebaran bagi anda yang mudik Lebaran, Selamat jalan dan hati-hati di jalan. Selamat Hari Raya Idul Fitri Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Oleh : Mr Boy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar