Sabtu, 04 September 2010

SKS

Saya menceritakan pengalaman saya kuliah meskipun IP tidak terlalu bagus tapi masih bisa mengambil SKS diatas rata-rata per semester yaitu 20-22 SKS. Bagaimana caranya? Kebetulan saya mendapat rezeki dari Tuhan karena mendapat dosen wali yang sangat baik. Padahal semester 1 ke 2 saya mendapat dosen wali yang killer he he he. Dan untungnya lagi pada saat semester awal tersebut IP saya lumayan bagus jadi pengambilan SKS banyak juga tidak ada masalah. Tapi eh semester pertengahan kebetulan dosen wali saya sekolah lagi jadilah saya berganti dosen wali dan syukurlah dosen wali saya ini orangnya pada saat pengajuan FRS (Form Rencana Studi) di awal semester selalu tidak ada di kampus. Sehingga saya harus ke rumahnya, dan kebetulan juga nilai mata kuliah yang sulit-sulit nilainya baru keluar juga terakhir-terakhir, jadi saya akali dengan mengajukan FRS ke dosen wali di tanggal-tanggal awal. Jadi pada saat ditanya Pak Dosen sya jawab nilainya belum keluar, tapi saya katakan kalau target saya B sehingga IP saya perkiraan bisa 2,9 atau 3,0 padahal pada saat keluar nilainya yang kadang tepat sesuai target kadang juga gak sampai target. Tapi yang terpenting adalah saya bisa mengambil SKS minimal 20 SKS. Dan strategi yang saya pakai adalah pendekatan yang baik misalnya komunikasi dengan Pak Dosen harus tepat. Ya kita harus pintar-pintar mengamati kegemaran Pak Dosen, misalnya pada waktu saya perwalian saya lihat beliau sedang memperbaiki motor ya saya ajak bicara saja masalah motor yang saya ketahui misalnya istilah-istilah mesin motor dsb. Nah ternyata pendekatan itu sangat berhasil, akhirnya saya juga sukses lulus kuliah sesuai dengan waktu yang ditentukan dan diwisuda juga bersama rekan angkatan saya yang lain sesuai jadwal. Jadi kuliah itu juga disamping dibekali dengan kecerdasan pelajaran harus juga dengan kecerdasan strategi pendekatan dengan Bapak atau Ibu Dosen.

Oleh : Mr Boy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar