Sabtu, 11 September 2010

Copy Tugas Kuliah

Tiba-tiba saya baru saja teringat masa-masa kuliah dulu. Mungkin karena sempat membaca tulisan teman-teman di milis teman almamater saya. Ternyata berat juga masa kuliah dulu. Apalagi jika mendapat tugas membuat program yang bahasa pemrogramannya saja baru belajar tapi tugasnya sudah seperti pembuatan program profesional, mana bisa? Harusnya kalau tugasnya mempunyai tingkat kesulitan yang bertahap maka saya yakin bahwa mutu pendidikan di Indonesia bisa bagus. Tapi kalau tugasnya sulit-sulit ya para mahasiswa juga akan kreatif mencari cara untuk mendapatkan jawaban tugas tersebut dari berbagai sumber dan pelajaran copy paste menjadi pelajaran komputer yang paling mahir dilakukan. He he he. Mungkin anda sekarang sudah mempunyai posisi penting di perusahaan besar, tapi coba anda ingat-ingat kembali masa kuliah dulu atau masa sekolah dulu pasti juga anda banyak melakukan kerja sama dengan teman-teman untuk mengerjakan tugas. Saya juga ingat salah satu dosen saya mengembalikan semua tugas mahasiswanya karena ternyata teks program yang dibuat sama semua cuma diganti nama mahasiswa, NRP, dan nama variabel. Malah ada yang tidak merubah nama variabelnya. Karena sang dosen mungkin pada masa kuliahnya juga mengalami hal yang sama maka beliau sudah bisa membaca apa yang akan dilakukan mahasiswanya. Mungkin pada saat itu waktunya juga tidak memungkinkan untuk membuat tugas komputer yang rumit karena mambutuhkan waktu lama tetapi kita diberikan waktu yang sangat terbatas. Dulu jaman saya kuliah internet belum menjamur seperti sekarang. Teman-teman dulu mencari bahan tugas dari majalah atau jurnal di perpustakaan. Tetapi saya lihat sekarang sangat mudah dengan adanya internet. Semua bisa dicari dengan keyword di Google. Tergantung kita bisa telaten tidak mencarinya. Semua pasti ada di internet. Saya juga sempat melihat bahwa sekarang dosen juga sudah canggih, banyak yang memiliki blog dan semua tugas dosesn tersebut ditampilkan di blog dan mahasiswa harus akses blog tersebut. Wah jadilah blog dosen tersebut banyak dikunjungi mahasiswa. Jaman semakin maju tantangan juga semakin berat. Bagaimana menurut anda?

Oleh : Mr Boy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar