Minggu, 12 September 2010

Tips Lulus Masa Percobaan

Sudah belasan tahun saya bergabung dengan perusahaan ini sejak saya lulus kuliah dulu. Tetapi setiap saya merekrut karyawan baru saya bisa merasakan perasaan karyawan baru tersebut. Masa percobaan adalah masa yang sangat berat untuk dilalui selama 3 bulan awal. Kalau dinilai perusahaan kita tidak bisa melaksanakan tugas selama masa percobaan maka perusahaan bisa memperpanjang masa percobaan atau malah menghentikan masa percobaan. Saya dulu juga mengalami hal yang sama. Ada rasa khawatir apakah nanti saya bisa lulus masa percobaan? Berikut saya memberikan tips bagi anda yang jadi karyawan baru di suatu perusahaan.

  1. Disiplin, ya selama masa percobaan anda harus lebih disiplin daripada sebelumnya. Disiplin disini adalah disiplin dalam hal kehadiran, disiplin waktu kerja dan disiplin waktu pulang. Karena kalau dari awal anda sudah tidak disiplin maka anda akan mendapat penilaian kurang dari atasan. Meskipun kemampuan teknis anda mumpuni tapi kalau sering tidak masuk karena sakit atau sering terlambat maka perusahaan akan mempertimbangkan untuk memperpanjang masa percobaan anda dan akan melihat lagi selama satu bulan terakhir apakah bisa meningkat tingkat kedisiplinannya atau maha tetap saja.
  2. Rajin dan semangat, selama masa percobaan anda harus rajin dan penuh semangat mengerjakan tugas yang diberikan atasan. Anda harus bisa speed, artinya bergerak cepat menyelesaikan tugas tetapi harus juga tepat dan benar tugas tersebut dijalankan. Jangan sampai cepat tetapi salah semua ya sama saja anda akan dapat penilaian minus.
  3. Banyak bertanya, supaya adaptasi anda bisa berjalan cepat maka anda harus sering bertanya kepada rekan sekerja anda bagaimana kebiasaan di kantor tersebut. Kalau anda rasa kebiasaan di kantor baik bisa anda ikuti tetapi jika kebiasaan rekan kerja anda ternyata anda rasa tidak baik maka anda jangan terbawa arus. Ingat anda harus tetap berpedoman pada poin 1 diatas.
  4. Sopan santun dan ramah, saya rasa di perusahaan manapun dituntut semua karyawannya bisa bersikap sopan santun dan ramah baik kepada rekan sekerja maupun kepada atasan. Kalau anda bisa bersikap sopan dan ramah maka rekan kerja anda juga dengan senang hati membantu anda, jika anda tidak ramah maka anda akan tidak dihiraukan oleh rekan sekerja anda. Dan jika timbul penilaian negatif karyawan baru sampai terdengar atasan maka jangan harap anda akan lulus masa percobaan.
  5. Tingkatkan Skill, anda jangan terlalu percaya diri bahwa bekal teori di kampus anda jika anda fresh graduate atau pengalaman kerja anda sebelumnya bisa begitu saja klop dengan perusahaan baru. Anda perlu adaptasi diri lagi terhadap budaya perusahaan baru tersebut. Banyak teori anda di kuliah dulu bisa tidak sama pada parakteknya di lapangan. Juga pengalaman di kantor lama bisa berbeda dengan yang di kantor baru atau di perusahaan baru anda.
  6. Berdoalah semoga anda lulus masa percobaan
Jika semua tips saya diatas bisa anda jalankan maka besar kemungkinan anda akan lulus masa percobaan.

Oleh : Mr Boy

2 komentar:

  1. Thanks infonya menarik banget. terutama buat saya yang masih karyawan baru. Oiya buat temen-temen yang juga kebetulan masih baru banget kerja, coba deh sebaiknya hindari kesalahan-kesalahan berikut ini: kesalahan finansial karyawan baru

    BalasHapus